,

Senin, 11 Juni 2012

Usaha Home Industri Telor Bebek Asin

 Telor Bebek Asin Yang Masir
/


Usaha telor bebek asin ini pada dasarnya diawali dari home industri yang boleh dibilang modalnya pas-pasan. Namun pada kenyataannya usaha kecil kecilan seperti ini banyak bermunculan dii daerah daerah, walau daerah itu bukan centra produksi telor bebek. Nota bene telor bebek harus didatangkan dari daerah lain. Yang penting bagi mereka bisa dapat untung sebagai tambahan biaya keluarga. Meskipun dengan sisa usaha yang sedikit pula. Telor asin, mungkin tidak semua orang suka. Namun di setiap warung nasi atau toko-toko, telor asin tidaklah asing , mesti tersedia.Seperti halnya di daerah saya, telor bebek identik dengan daerah Modopuro, Mojosari, mojokerto. Yang memang
terkenal dengan telor bebeknya sejak zaman dulu boleh  dibilang berkualitas baik. Lebih singkat dan jelas kita ikuti urutan langkah pembuatan telor bebek asin.
Proses membuat telur asin masih menggunakan cara yang tradisional atau sederhana lebih tepatnya tidak bisa automatic.
Caranya. 
     1.      Pemilihan Telor.
Sebelumnya harus dilakukan  pemilihan telur yang bagus dan baik atau layak untuk di buat telur asin yang lezat yaitu telurnya tidak mengalami retak atau pecah dan bukan telur yang telah dibuahi (telur tetas). Telur bebek yang sudah dipilih dan dibersihkan harus dilumuri dengan adonan tanah liat  atau bahan seperti bubukan batu merah atau abu gosok bekas bakaran kayu yang telah dicampuri dengan air, dan garam laut. Telur bebek dilapisi adonan kurang lebih 1cm dan diakhiri dengan pemberian lapisan abu gosok.
   2.      Telur yang sudah selesai dil lumuri adonan  tanah liat dimasukkan kedalam sebuah tempat atau peti untuk disimpan selama 14 hari atau 2 minggu. Setelah 2 minggu, lapisan tanah liat dibersihkan sampai bersih sampai tidak ada kotoran di pori-pori kerabang telur. Ada beberapa teknik pemasakan telur bebek asin yaitu direbus, dipanggang, dan dioven.
 
   3.      Perbedaan teknik pemasakan telur bebek asin mempengaruhi tekstur dan rasa. Telur bebek asin yang mengalami proses perebusan bertekstur basah dan berair. Telur bebek asin yang mengalami proses pemanggangan dan oven memiliki tekstur kesat dan memiliki rasa yang khas. Keunggulan telur bebek asin yang dimasak melalui proses pengovenan adalah lebih tahan lama dan kandungan nutrisi telur tetap terjaga.
Telur bebek asinan yang bagus  ini memiliki ciri khas yaitu gurih, rasa asin yang merata di sebuah bagian telur dan warna merah kecoklatan pada kuning telur yang kaya akan omega-3 dan protein. Dan juga bisa tahan lama tidak mudah rusak atau berbau busuk. Sedikit berbeda dengan telur bebek asin yang sekarang banyak di jumpai di daerah-daerah lain. Harga jual telur bebek asin di daerah-daerah bervariasi antara Rp1.500,- hingga Rp2.4000,- sesuai dengan kualitas telor itu. Rego nggowo rupo. 
Gambar macam-macam telor asin 
Ini merupakan telor asin yang cara pemaskannya dengan merebus. Di liat dari penampakannya telor asin tidak menarik untuk di makan tapi kalau  sudah di rasakan atau di makan wah, wah.   bisa ketagihan ingin mencoba berkali-kali.
Gambar tersebut merupakan telor asin yang masaknya dengan cara pemanggangan. Di liat dari telornya bisa di ambil perbedaan dari kuning telornya yang  warnah nya agak begitu merah tapi buthek dan rasanya pun lebih enak dibandingkan yang rebus, harganya pun agak miring sedikit dibanding yang direbus.
Ini merupakan gambar dari telor asin yang  pemasakannya  menggunakan Oven. Dari segi bentuk di bandingkan keduanya sudah sangat jelas tekstur pemasakan yang di oven lebih buthek warna telornya dan agak kecoklat-coklatan. Dari pemasakan ini ada ke untungannya yaitu lebih tahan lama karena telornya kering dan rasanya pun lebih nikmat dari pada yang lain serta harganya pun lebih mahal dari keduanya.
Demikian cerita industri kreatif masyarakat dari tempat saya yang sudah di amati. Mungkin bagi anda yang ingin menambah pendapatan sampingan bisa anda coba. Siapa tahu dengan anda membaca postingan saya anda bisa mendapat jalan untuk menjadi produk telor asin yang sukses.
Selamat mencoba semoga berhasil.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar