,

Senin, 11 Juni 2012

17 KEAJAIBAN DUNIA BUKTI TEKNOLOGI MASA LALU

Teknologi Masa Lalu Luar Biasa

Bangunan kuno / masa lalu yang sangat luar biasa yang tersebar di sebagian belahan bumi ini adalah merupakan bukti bahwa teknologi masa lalu merupakan teknologi lebih canggih. Mengapa saya katakan lebih canggih ? karena mereka membangun bangunan yang megah dan kokoh tidak didukung dengan peralatan modern seperti gergaji mesin, alat pemecah batu, pahat yang layak, mesin derek, mesin katrol, mesin bego, buldozer, listrik dan banyak lagi alat modern. Namun mereka bisa menyelesaikan dengan sempurna baik dari segi arsitekturnya (keindahan), kualitas(kekokohan bangunan).
Walaupun semua itu mungkin waktu yang dibutuhkan sangat lama. Barangkalai memakan waktu ratusan tahun atau beberapa generasi kehidupan. Seperti tidak masuk akal, tapi buktinya ada. Nah kita lihat  17 keajaiban dunia di bawah ini :

1. Candi Borobudur
Borobudur adalah candi Budha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter. Candi Borobudur selesai dibangun berabad-abad sebelum Angkor Wat di Kamboja.Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya.
 


2. Tembok Besar Cina
Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina , juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹. Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongoldari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.
 

 3.Petra City
 Kota Kuno Petra
Petra adalah kota kuno yang terletak di negara Yordania. Kota kuno Petra dahulu adalah ibukota dari suku Nabatean sebelum kedatangan Romawi. Kota ini didirikan oleh raja Aretas ke-IV.


 4. Parung Kristus Penebus
patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brasil.Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap ke kota.Patung ini menjadi simbol umat Kristen, dan menjadi simbol kebanggaan kota. Tangan patung ini yang terbuka dilihat banyak orang sebagai tanda dari kehangatan penduduk Brasil.
 

5. Machu Picchu
Machu Picchu menakjubkan dan membingungkan para arkeolog serta sejarawan. Pertama kali ditemukan oleh Hiram Bingham pada tahun 1911, dan masuk kedalam daftar UNESCO World Heritage Site  di tahun 1983. Kota yang hilang dari peradaban suku Inca tetap memikat hingga hari ini bahkan masuk kedalam tujuh keajaiban dunia.



6. Chichén Itzá
 Chichen Itza, yang terletak di Semenanjung Yucatan, Meksiko, adalah yang terbesar dari kota-kota Maya hancur dan salah satu tujuan wisata paling banyak dikunjungi di dunia. Pada tahun 2007, Chichen Itza di El Castillo sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Baru Dunia setelah melalui pemungutan suara di seluruh dunia.

 
 7. Colosseum
Coloseum  dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre. Situs ini terletak di kota kecil di Italia, Roma, yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun. Kolosseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton.
 Flavian Amphitheatre,  roman colosseum,  rome,  italy,  roma,  colosseum

 8. Taj Mahal
Taj Mahal dibangun Kaisar Mogul ke lima itu antara tahun 1631-1648 untuk mengenang, Arjuman Bano Begum, atau lebih dikenal sebagai Mumtaz Mahal.
Awalnya, Shan Jahan hanya menyebut masjid itu hanya sebagai makam Mumtaz Mahal, namun akhirnya berkembang menjadi Taj Mahal. Taj Mahal jika diterjemahkan berarti ‘’Istana Mahkota’’, sebuah perluasan dari nama Mumtaz Mahal yang berasal dari Persia.


9. Piramid Giza
 Kompleks Piramida Giza peninggalan dinasti raja-raja Mesir Kuno dari 2600 - 2500 SM tersebut merupakan satu satunya dari tujuh keajaiban dunia kuno yang masih tersisa, dan saat ini mendapat status kehormatan dalam pemilihan tujuh belas keajaiban dunia baru.


10. Patung Liberty
Patung Liberty, kebanggaan dan simbol Kota New York, ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, yang ternyata di desain oleh pemahat Prancis, Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1874. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.
 Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100. Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasansetinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagianluarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.
 

11. Istana Neuschwanstein
      Terletak di kaki rangkaian pegunungan Alpen di perbatasan Austria dan Jerman, dekat kota kecil bernama Füssen. Di dekatnya terdapat dua danau yaitu Alpsee dan Schwansee. Istana ini adalah istana musim panas yang dibangun Ludwig II di dekat istana musim panas kedua orang tuanya. Batu pertama istana bergaya gotik ini diletakkan pada tahun 1869. Pembangunannya sendiri dihentikan pada tahun 1886, saat kematian sang raja. Begitu terpesonanya Ludwig II terhadap opera-opera Wagner dan legenda bangsa Germania, istana ini pun penuhdengan lukisan cuplikan adegan dari legenda-legenda dan syair-syair abad pertengahan. Di antaranya adalah legenda Lohengrin, sang ksatria angsa.


12. Kremlin, Lapangan Merah, dan Katedral Saint Basil
      


13.Biara Kiyomizu

14. Menara Eiffel

15. Acropolis

16. Moai

17. Angkor Wat         





Gambar diambil dari berbagai sumber

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar